Alat Pendukung

Begitu banyaknya media dan alat gambar yang tersedia dipasaran dan hal seperti itu dapat membingungkan dalam memilih media atau alat mana yang cocok untuk menggambarkan apa yang kita inginkan Maka dari itu saya harus pintar – pintar memilih alat yang tepat dalam mewujudkan apa yang saya ingin gambar. Menurut saya media atau alat pendukung tidak harus mahal atau sama dengan seniman  favorit kita. Selama alat itu bisa berfungsi sesuai keinginan, ya itulah alat yang digunakan.

Nah dibawah ini alat – alat yang mendukung saya menggambar.

Catatan:JANGAN BIARKAN ALAT YANG MENJADI MAJIKAN ANDA. TAPI ANDALAH YANG HARUS JADI MAJIKAN ALAT TERSEBUT.

ALAS KERTAS (Paper Pad)

Saya mempunyai 2 Alas kertas (paper pad) yang saya gunakan ketika membuat sebuah sketsa. Alas pertama atau paling atas adalah alas yang di sebut paper pad atau sketch pad alas bawaan yang biasa kita dapatkan satu paket ketika membeli sketch pad atau paper pad. Alas kedua adalah alas yang digunakan dibawah alas pertama. Sebenarnya sih ini Canvas Board for general use with oil (including water mixable), acrylic and alkyd colour ukuran 30 x 40 cm. Saya pakai canvas board ini karena ketidak kesengajaan. Karena saya orang yang senang menggambar bukan hanya di satu tempat, maka diperlukan alat untuk menopang kertas yang saya gunakan. Nah kebetulan waktu itu ada canvas board ini, ya sudah sampai sekarang canvas board ini saya pakai sebagi alas. Heheh sedikit maksa sih.. Bahkan sampai saya kasih penopang di bagian atas (lihat yang di tandai warna merah) supaya sudutnya sedikit miring. Jadi kalau menggambar di atas meja, gambaran urutan penggunaannya begini; bagian paling bawah adalah meja, diatas meja canvasboard setelah itu paperpad, nah bagian paling atas baru kertas. Hehe ribet ya? Tapi buat saya hal ini dapat menjaga kertas juga dari kotoran yang tidak kita inginkan. Alas kedua ini saya gunakan hanya untuk membuat gambar dengan posisi landscape atau gambar yang berukuran kecil.

 

 

 

 

 

 

 

 

PENJEPIT KERTAS (Paper Clip )

Paper clip atau penjepit kertas saya gunakan kalau alas yang digunakan adalah canvas board yang saya jelaskan di atas. Gunanya adalah menahan kertas supaya tidak bergerak. Agar tidak merusak kertas paper clipnya saya tambahin bahan yang yang lunak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KERTAS

Saya menggunakan kertas Canson fine art paper yang saya beli di toko buku besar, harganya Rp. 28.000. (per 12 lembar). Kertas tersebut hanya saya pakai apabila saya merasa gambar yang saya buat akan menjadi “master piece” nya saya. Heheh. Tapi untuk sekedar latihan atau percobaan, saya hanya memakai kertas gambar biasa. Untuk latihan memakai kertas Canson hanya sewaktu waktu. Emang ngga sepuas menggambar di kertas yang tepat sih, tapi mau gimana lagi …. Saya tinggal di kota kecil dan setelah saya cari kesana kemari ngga ada yang jual jenis kertas seperti itu. Saya harus keluar kota hanya sekedar membeli peralatan gambar yang bener – bener saya inginkan. Kasihan ya saya.? Hah.. Nggak? Bagusss. Heheh.

PINSIL GRAPHITE

Pinsil Kayu

Dulu saya hanya menggunakan pinsil 2B saja dalam pembuatan sebuah sketsa tapi sekarang saya menambah koleksi pinsil saya. Pinsil yang saya gunakan ini merupakan pinsil kayu biasa (wooden pincil ) atau Cluth. Untuk membuat gambar yang nggak terlalu membutuhkan bayangan yang gelap, saya cukup memakai pinsil yang range-nya 6H, 5H, 4H, 2H, HB, B, dan 2B. Sedangkan untuk gambar yang membutuhkan intensitas gelap yang tinggi saya memakai pinsil 2B, 5B, EB dan EE. Setiap pembuatan sketsa minimal saya memakai 3 pinsil dengan range yang berbeda. Untuk pinsil 6H, 5H dan 4H biasanya saya gunakan untuk outline sedangkan yang lebih lembut seperti 5B, EB dan EE saya pakai untuk bayangan. Saya memakai pinsil merk Staedtler.

 

 

 

 

 

 

 

Lembut –> Keras  EE, EB, 5B, 2B B, HB, 2H, 4H, 5H, 6H

Pinsil Mekanik

Pinsil mekanik saya gunakan untuk membuat garisan garisan kecil pada gambar. Pinsil ini mempunyai lead atau ujung graphitenya mempunyai diameter yang konstan tidak seperti pinsil kayu biasa yang ketika digunakan sering tumpul ujungnya. Saya menggunakan pinsil mekanik 2B 0,5 merk Joyko dan isinya merk pilot 2B 0,5. dan saya tidak terlalu pusing dengan merk pinsil mekanik ini soalnya saya hanya menggunakan sebagai outline atau sebagai guide line dalam pembuatan rambut.

 

 

 

PINSIL  CHARCOAL

Pinsil charcoal ini sering saya gunakan dalam pembuatan bayangan atau background yang tidak membutuhkan efek pantulan cahaya, dikarenakan pinsil ini tidak memantulkan cahaya seperti pinsil graphite. Kadang saya membuat sketsa hanya dengan satu pinsil charcoal saja dan hasilnya…… blepotan. Heheh. Sebenarnya untuk pembuatan sketsa dengan satu pinsil charcoal saja, saya baru belajar. Pinsil charcoal yang saya gunakan merknya Derwent dengan tingkat kegelapan Dark.

 

 

PENGHAPUS

Saya mempunyai tiga jenis penghapus ; Kneaded eraser, Eraser pen, Pengapaus karet. Ketiga jenis penghapus tersebut sangat sering saya gunakan. Kneaded eraserlah yang sering saya gunakan karena bisa di bentuk apa saja. Untuk penghapus yang seperti pinsil mekanik ini saya gunakan untuk membuat effect terang yang berukuran kecil pada gambar, bisanya saya runcingkan ujungnya. Untuk penghapus karet biasa, saya gunakan untuk tone yang tidak berada dalam gambar inti.

1) Keaded eraser

 

 

 

 

 

 

 

 

2) Eraser pen

 

 

3) Penghapus kare biasa

 

 

 

 

 

 

 

KUAS

Dalam membuat sketsa ada dua macam cara menghitamkan area yang luas. Cara satu dengan mengarsir langsung dan cara kedua memakai graphite powder atau charcoal powder. Nah ketika kita memakai cara yang kedua kita biasanya membutuhkan alat untuk menyapu powder atau serbuk tersebut. Saya biasa memakai serbuk graphite dan disapu dengan kuas. Kuas yang aku pakai kuas untuk lukisan cat minyak ukuran 12.

 

 

ALAT BLENDING

Untuk blending saya biasanya memakai beberapa benda diantaranya kertas tisu, kertas biasa, kain, camois (kanebo) cotton bud dan alat yang saya bikin sendiri dari kapas yang digulung. Alat yang saya bikin dari kapas itu gunanya sama percis seperti cotton bud tapi ini lebih besar. Selain untuk blending saya kadang memakai ini untuk mengarsir daerah yang luas ketika memakai serbuk graphite (seperti kuas). Bentuk yang saya pakai ada dua; satu betuk seperti cotton bud dan yang kedua saya urai ujungnya seperti kuas. Yang kedua lebih cocok untuk mengarsir daerah yang luas.

 

 

 

 

 

 

 

 

SERBUK GRAPHITE (Graphite Powder)

Untuk mengarsir daerah yang luas kadang saya memakai serbuk graphite. Saya nggak pernah membeli sebuk ini dari toko tapi serbuk ini saya kumpulkan dari hasil menajamkan pinsil. Serbuk yang saya punya merupakan hasil kumpulan dari semuah range, tapi saya mempunyai serbuk graphite yang hanya dari pinsil 2B saja.

]

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGGARIS

Penggaris merupakan alat tambahan yang saya gunakan jika ingin membuat gambar yang akurat. Tapi tetap susah untuk akurat. Heheh.. Saya memakai dua penggaris yaitu penggaris panjang biasa dan penggaris yang mempunyai berbagai bentuk didalamnya seperti gambar dibawah

 

 

 

 

 

 

HAIR SPRAY

“Hair spray? buat apa?”. Mungkin kalian heran kenapa dalam pembuatan sketsa ada hair spray. Emang ini di bikin untuk mengeraskan rambut, tapi tenang jangan heran, hair spray ini saya gunakan untuk melindungi sketsa yang telah saya buat. Fungsinya seperti Fixative, ya katanya sih.. soalnya saya belum pernah membeli Fixative yang asli. MAHAL…!.( ide ini saya dapatkan di art graphica.net). tapi ketika saya coba, hasilnya bagus, selain gambar tidak bisa di smudge lagi, pantulan cahaya dari graphite hilang. Saya memakai hair spray yang merknya nggak tau. Hehehe. Pokoknya lihat gambar di bawah ini. Hair spray yang saya beli isinya  75 ml dan harganya 7500 rupiah. 10 kali lebih Murah kan? Ini bisa di beli di toko kecil, supermarket atau toko kecantikan. Yuuu!!! J

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TOOL BOX

Sebenarnya ini hanya tulisan tambahan saja. Tool Box saya gunakan untuk menyimpan alat alat yang saya gunakan. Tool box ini waktu saya beli harganya Rp. 30.000 di Giant hypermart. Fungsinya ya lumayan lah selain untuk menyimpan alat alat box ini mudah di bawa kemana mana.

Comments
  1. Hey, just found this page from reddit. This isn’t not an article I would normally read, but I liked your thoughts on it. Thanx for creating something worth reading!

  2. sidik says:

    thanks ya.. ini sangat membantu bagi pemula seperti saya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s